Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
| 1. Program Studi S1 Bahasa Inggris / Sastra Inggris |
Gelar Lulusan : S.S. atau S.Hum. atau SS. atau SHum.| Prospektus S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Kompetensi Lulusan S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan Bahasa Inggris secara umum maupun untuk tujuan khusus atau profesional di berbagai bidang seperti pariwisata, bisnis export-import, perhotelan, biro perjalanan wisata, perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemahan, penjuru-bahasaan, penerjemahan film, komunikasi massa dan hubungan masyarakat.
Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris tidak saja memiliki keterampilan dan pengetahuan linguistik serta sastra inggris, tetapi juga mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat secara profesional di berbagai bidang; memahami prinsip dasar pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Inggris dan dasar-dasar ilmiah, serta metodologi penelitian sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan memecahkan masalah yang terkait dengan Bahasa dan Sastra Inggris; memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan tersebut untuk kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat; memiliki sifat terbuka dan tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan lingkungan sosial budaya masyarakat, terutama yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Inggris; mampu melakukan penelitian di bidang Bahasa dan Sastra Inggris dengan menggunakan metode ilmiah, serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggung-jawabkan hasil penelitian demi kaidah ilmiah.
Kompetensi dasar Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Bahasa dan Sastra Inggris, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Bahasa dan Sastra Inggris, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris dapat bekerja dan berkarir di semua lembaga pemerintah dan non pemerintah (swasta), baik lokal, nasional, regional, dan internasional; dapat bekerja dan berkarir pada perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti pariwisata, bisnis export-import, perhotelan, biro perjalanan wisata, perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemahan, penjuru-bahasaan, penerjemahan film, komunikasi massa, dan hubungan masyarakat; sebagai penerjemah bahasa profesional, tour guide, sekretaris, manajer/staf administrasi, manajer/staf layanan pelanggan, praktisi bahasa, pemimpin acara (MC), presenter/penyiar, peneliti, dosen/pengajar, dsb.
Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) dengan mendirikan perusahaan jasa seperti kursus bahasa asing, biro perjalanan luar negeri, perusahaan ekspor-impor, biro penerjemahan (umum, film, dsb), biro pariwisata, dsb.
| Mata Kuliah S1 Bahasa & Sastra Inggris |
* = Mata Kuliah Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Computer | 2 | | Crictical Theory I: East Philosopher | 2 | | Critical Theory II: West Philosopher | 2 | | Cross-Cultural Understanding | 2 | | DDF dan Metode Penelitian I | 2 | | DDF dan Metode Penelitian II | 2 | | Drama I: Textual Drama | 2 | | Drama II: Film Script | 2 | | Historical Comparative Linguistics | 2 | | Ilmu Alamiah Dasar | 2 | | Indonesia Writing I: Theoretical Und. | 2 | | Indonesian Writing II: Writing Skill | 2 | | Interpreting: E - I - 1 | 2 | | Interpreting: E - I - 2 | 2 | | Interpreting: I - E - 1 | 2 | | Interpreting: I - E - 2 | 2 | | Intro. To English History | 2 | | Introduction to Linguistics | 2 | | Introduction to Literary Analysis | 2 | | Journalism | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | KKN | 2 | | Listening I | 2 | | Listening II | 2 | | Listening III | 2 | | Manusia dan Kebudayaan Indonesia | 2 | | Masyarakat Kesenian Indonesia | 2 | | Modern Linguistics | 2 | | Morphology | 2 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Pengantar Penelitian Kebudayaan | 2 | | Phonology | 2 | | Poetry I: Old Poetry | 2 | | Poetry II: Modern Poetry | 2 | | Principles of Interpreting | 2 |
|
| Mata Kuliah | SKS | | Principles of Translation | 2 | | Prose I: Non-Fiction | 2 | | Prose II: Short Stories | 2 | | Prose III: Novel | 2 | | Prose IV: Writing Stories | 2 | | Psycholinguistics | 2 | | Reading I: Reading Aloud | 2 | | Reading II: Intensive Reading | 2 | | Reading III: Extensive Reading | 2 | | Research on Linguistics | 2 | | Research on Literature | 2 | | Review to Grammar | 2 | | Semantics | 2 | | Skripsi | 6 | | Sociolinguistics | 2 | | Speaking I: Introduction | 4 | | Speaking II: Situational Conversation | 2 | | Speaking III: Discussion | 2 | | Structure I: Part of Speech | 2 | | Structure II: Review to Tenses | 2 | | Structure III: Review to Verb Pattern | 2 | | Structure IV: Modern Eng. Grammar | 2 | | Survey of American Literature | 2 | | Survey of English Literature | 2 | | Survey of Modern British Literature | 2 | | Syntax | 2 | | Teaching methodology | 2 | | Tour Of Duty | 1 | | Translation: E - I - 1 | 2 | | Translation: E - I - 2 | 2 | | Translation: I - E - 1 | 2 | | Translation: I - E - 2 | 2 | | Writing I: Imaginative Writing | 2 | | Writing II: Journal Writing | 2 | | Writing III: Essay Writing | 2 | | Writing IV: Academic Writing | 2 |
|
|
| 2. Program Studi D3 Bahasa Inggris |
Gelar Lulusan : A.Md. atau AMd.| Prospektus D3 Bahasa Inggris |
Program Diploma Bahasa Inggris bertujuan mendidik dan mengembangkan tenaga ahli yang berwawasan nasional dan responsif terhadap perkembangan masyarakat Internasional,mandiri dan lebih memberi tekanan pada keterampilan dan penerapan ilmu di bidang bahasa Inggris dan pekerjaan.
Kompetensi Lulusan D3 Bahasa Inggris
Kompetensi Utama :- Memahami kaidah-kaidah bahasa Inggris secara memadai sesuai yang ditargetkan dalam kurikulum.
- Memiliki ketrampilan praktis berbahasa Inggris baik ragam lisan maupun tulis yang terlihat dalam kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.
- Mampu menulis karya ilmiah dalam bahasa Inggris.
Kompetensi Pendukung :- Memiliki ketrampilan komunikatif dalam berbagai situasi komunikatif dan situasi kultural dan sadar atas tata krama yang harus dipatuhi.
- Mampu menjadi mediator dalam proses komunikasi dwi-bahasa.
- Mampu menerapkan ketrampilan berbahasa Inggris dalam bidang: Pendidikan Bahasa Inggris, Media, Manajemen dan Administrasi Bisnis, Pariwisata, dan Humas.
- Mampu menciptakan produk-produk media yang memerlukan medium bahasa Inggris.
Profesi dan Karir Lulusan D3 Bahasa Inggris
Para lulusan dapat bekerja di berbagai instansi seperti lembaga pendidikan menengah,lembaga khusus, instansi pemerintah, instansi swasta, sekretaris, publik relation, pemandu wisata, dll.
| Mata Kuliah D3 Bahasa Inggris |
* = Mata Kuliah Pilihan Kekhususan / Pilihan Umum
| Mata Kuliah | SKS | | Bahasa Indonesia | 2 | | Business English II | 2 | | Composition I | 2 | | Composition II | 2 | | Composition III | 4 | | Composition III | 4 | | Composition V | 2 | | Computer Application | 2 | | Conversation I | 2 | | Conversation II | 2 | | Conversation III | 2 | | Conversation III | 2 | | Conversation V | 2 | | English For Presentation | 2 | | Ethics And Aesthetics | 2 | | Ethics And Aesthetics | 2 | | Grammar I | 4 | | Grammar II | 2 | | Grammar III | 2 | | Grammar III | 2 | | Grammar V | 2 | | Indonesian Culture | 2 | | Introduction To Linguistics I | 2 | | Lifeskills Subjects(Elective) | 4 |
|
| Mata Kuliah | SKS | | Lifeskills Subjects(Elective) | 8 | | Listening I | 2 | | Listening II | 2 | | Listening II | 2 | | Pancasila | 2 | | Paper | 4 | | Paper Writing | 2 | | Pronunciation | 2 | | Public Speaking | 2 | | Reading Comprehension I | 2 | | Reading Comprehension II | 2 | | Reading Comprehension III | 2 | | Reading Comprehension III | 2 | | Reading Comprehension V | 2 | | Reading Comprehension VI | 2 | | Religion | 2 | | TOEFL Preparation | 2 | | Translation I | 2 | | Translation I | 2 | | Translation III | 2 | | Vocabulary I | 2 | | Vocabulary II | 2 | | Vocabulary III | 2 | | Vocabulary III | 2 |
|
|